Terapi Kesehatan Dengan Mengubur Diri

Pulau Lombok memang dikenal memiliki deretan pantai yang cantik dan memesona. Di Lombok Utara menjadi salah satu surga pantai di Indonesia yang masih sepi dan belum ramai dikunjungi, satu di antaranya adalah Pantai Ketapang. Pantai ini terletak di Desa Selengen, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Pantai ini memiliki pasir hitam, air yang jernih dan bibir pantai yang panjang. Pemandangan juga dihiasi oleh pohon kelapa yang bertaburan menghiasi sepanjang pantai ini. Menurut cerita, dinamakan Pantai Ketapang karena dahulu banyak sekali Pohon Ketapang yang berarti Pohon Perdamaian. Di pantai inilah Tim Trip Salam Indonesia membuka tenda dan bermalam.

Pada malam hari ada sebuah hal yang menarik dan cukup mengagetkan. Tiba-tiba saja beberapa rombongan mobil datang dan parkir tepat di depan tenda Tim Trip Salam Indonesia. Sekitar 20 orang warga yang datang tersebut tiba-tiba menguburkan diri mereka di pasir. Sebelumnya mereka mencangkul pasirnya, tiduran selonjor, lalu dikubur hingga leher. ada yang kelihatan kepalanya, dan kepala dan tangan. Khususnya saat purnama tiba, kita bisa melihat tradisi dimana banyak orang atau warga sekitar yang memanfaatkan hangatnya pasir untuk terapi kesehatan. 

Menguburkan diri di pasir pada malam hari sebagai bentuk terapi yang dipercaya bisa mengobati rematik, pegal linu, hingga kelumpuhan, dan lainnya. Terapi ini dengan mengubur sebagian atau seluruh tubuh sampai leher selama beberapa jam. Pasir pantai dipercaya mengandung mineral dan zat iodium yang dapat membantu pengobatan beberapa jenis penyakit dan melancarkan peredaran darah dengan cara menanam bagian tubuh didalam pasir.

Sambil menikmati deburan ombak yang memecah kesunyian malam, Lia adalah salah warga yang melakukan terapi menguburkan diri. Ia mengaku sudah dua kali melakukannya, dan merasakan ada perbedaan, yakni pegal-pegal yang dirasakannya hilang. Selain Lia, ada beberapa warga lainnya yang mengaku sudah beberapa kali datang menjalani terapi. Ada juga pengunjung yang menderita sesak napas, dan menyatakan sudah tiga kali datang ke tempat ini guna pengobatan alternatif. Ia bersyukur penyakit yang diderita sudah berkurang. Sejumlah warga ada yang menilai pengobatan alternatif itu karena sugesti. Namun, tak sedikit yang percaya dengan pengobatan alternatif itu.

Setelah mulai merasakan hangat setelah sekitar satu jam dikubur, mereka pun mandi di pantai malam. Tampak juga banyak anak kecil yang berlarian, dan menceburkan diri ke air. Air di Pantai Ketapang yang bersih ini memang biasa dijadikan tempat berenang, apalagi ombaknya tidak terlalu tinggi. Kesehatan memang hal yang sangat berharga bagi setiap manusia. Untuk menjaga kesehatan, banyak orang sampai menghabiskan biaya mahal. Namun, tidak semua kesehatan bisa didapat dengan biaya mahal, salah satunya terapi pasir.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *