Swastiastu

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2017, lahir putraku yang ketiga, kuberi dia nama Swastiastu. Kelahirannya juga menjadi pelengkap kebahagiaan keluarga besar Endank Soekamti, yang sehari sebelumnya secara resmi meluncurkan album ke 8 ‘Salam Indonesia’.
Swastiastu akan menjadi teman belajar, bermain, dan tumbuh kembang bersama kedua kakaknya GodBlessYou (Goku) dan Barakkallah (Barak). Swastastu terdiri dari kata-kata Sansekerta: SU + ASTI + ASTU, Su artinya baik, Asti artinya adalah, Astu artinya mudah-mudahan.
Jadi Swastiastu ialah “Semoga ada dalam keadaan baik atas karunia Tuhan YME”. Swastiastu juga merupakan salam pembuka yang biasa diberikan oleh orang Bali kepada seseorang yang ditemuinya.

Kamus Bahasa Bali Kata “Swastyastu” berasal dari kata suasti, yang berarti selamat, menjadi suastiastu yang berarti semoga selamat. Sedangkan menurut kamus Jawa Kuna-Indonesia “Swasti” berarti kesejahteraan, nasib baik, sukses; hidup, semoga terjadilah. Sedangkan “astu” yaitu: Semoga terjadi, terjadilah. Maka “Swastiastu” berarti semoga terjadilah nasib baik, sungguh sejahtera. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *