SUSU KUDA LIAR

Sore ini tim trip Salam Indonesia sebelum menuju ke destinasi selanjutnya, yaitu Kota Bima mampir sebentar untuk membuktikan kehebatan susu kuda liar.

Terletak  di Daerah Saneo, Dompu , Tim Trip Salam Indonesia bertemu langsung dengan peternak susu kuda liar.

Sampai di sana seluruh tim Trip Salam Indonesia sudah disambut dengan beberapa orang yang sudah menunggu dari tadi pagi.

Semua laki laki pasti pernah mendengar mitos tentang Susu Kuda Liar, Sumbawa yaitu meningkatkan stamina.

Tim membuktikan betul atau tidak mitos tersebut.

Kehebatan susu Kuda Liar ini juga baik untuk penderita Diabetes Melitus, menurunkan kolesterol dan juga Asma. Dan kebenaran akan penambah stamna memang benar adanya.

Yang dimaksud kuda liar, bukan berarti pemerah susu ini asal menangkap kuda kuda yang berkeliaran di hutan. Tapi, mereka melepas kuda mereka di padang rumput atau di habitat asli mereka. Mereka tak memberi kuda itu makanan buatan manusia. Kuda kuda itu hidup bebas di alam dengan pola hidup dia.

Setelah masuk masa perah, para pemerah susu akan berburu kuda mereka. Kuda mereka sendiri, lho yang diperah. Makanya leher kuda dikalungi lonceng, biar gampang dicari dan tidak tertukar dengan kuda milik pemerah lain.

Biasanya mereka perah langsung di hutan. Namun untuk kebutuhan tertentu, seperti suting #tripsalamindonesia 2019 ini, kuda mereka bawa pulang.

Masa perah kuda ini hanya 4 bulan dalam setahun. Jadi di 8 bulan yang lain mereka akan berkeliaran bebas di alam.

Dalam 4 bulan ini, seekor kuda bisa diperah sebanyak 4 kali. Setiap satu kali perah akan menghasilkan sekitar 600 ml. Jadi dalam satu bulan seekor kuda menghasilkan 600ml x 4 x 30 = 72L.

Jika para pemerah susu tidak memerah susu tersebut mereka akan melakukan pekerjaan lain. Kalau di Dompu ini sebagian besar pemerah akan berkebun jagung.

Proses yang dilakukan cukup sederhana, susu diperah, disaring dan paling enak langsung diminum. Karena jika didiamkan susu akan terfermentasi. Tetap bisa diminum dalam jangka waktu tertentu.

Bagi yang suka madu, Susu Kuda Liar ini juga terasa nikmat dikombinasikan dengan madu lebah liar sumbawa.

Dijamin akan membuat kita semakin ‘liar’.

Semua tim mencoba merasakan kenikmatan susu kuda liar ini. Namanya juga selera, ada suka ada yang tidak.

Semoga sukses terus susu kuda liar! Semakin berjaya sampai mancanegara.

Salam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *