Sumur Vagina

Di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur ada sembilan sumur yang airnya dipercayai oleh penduduk sekitar mempunyai ‘kelebihan’. Dari sembilan sumur tersebut ada satu yang menarik perhatian Tim Trip Salam Indonesia, namanya Sumur Nine. Sumur tersebut berarti sumur perempuan, selain ada Sumur Mame (laki-laki) yang letaknya berdekatan. Karena bentuknya yang seperti alat kelamin perempuan, maka sumur tersebut juga dikenal dengan Sumur Vagina.

Untuk menuju ke Sumur Vagina, Tim Trip Salam Indonesia ditemani Dian Wahyu yang merupakan pria asli Lombok. Perjalanan ke sana cukup jauh, setelah beberapa jam melewati jalan aspal, tim harus melewati medan yang menantang, jalanan rusak, penuh tanah, bahkan sempat dihadang sekumpulan kerbau yang memang merupakan jalanan biasa mereka lewat. Sepanjang perjalanan, Tim disuguhi pemandangan yang sangat bagus, berupa tanah lapang yang pecah-pecah, dan melihat banyak pohon sengon yang tidak ada daunnya karena kekeringan. Sepanjang perjalanan juga tampak banyak hewan ternak, kerbau, sapi, dan kambing. Hewan-hewan tersebut berjalan melewati pepohonan kering.

Sumur-sumur tersebut juga dikenal dengan nama Lingkoq Datu, yang dalam bahasa Sasak berarti sumur kerajaan. Sembilan sumur ini juga menjadi tempat mengambil air minum untuk sapi dan kerbau. 

Selain itu juga banyak warga yang mandi di sumur tersebut. Keunikan Sumur Vagina ini adalah bentuknya yang tidak bisa bundar. Saat dibuat dan digali sumurnya, bentuknya selalu menyerupai vagina. Menurut masyarakar, keberadaan sumur ini sudah sejak lama sekali. Sumur vagina ini sempat pernah dipugar dan dilebarkan, namun hal ajaib terjadi, karena keesokan harinya sumur tersebut berubah menjadi kecil lagi seperti sedia kala. Di sebelah sumur vagina, terdapat sumur yang di dalamnya ada kulit-kulit ular, hal ini membuktikan di dalamnya ada banyak ular. 

Setelah menikmati keunikan Sumur Vagina dan sembilan sumur lainnya, kemudian Tim Trip Salam Indonesia menaiki tebing dengan mengendarai mobil. Beberapa kilometer dari sumur tersebut terdapat tebing dan Pantai Penyisok. Bisa dikatakan kalau pantai ini adalah salah satu surga tersembunyi yang berada di daerah Jerowaru, Lombok. Sebagai lokasi wisata yang baru dibuka, ternyata akses untuk menuju ke lokasi wisata Pantai Penyisok ini tidak mudah. Walaupun aksesnya yang sangat sulit, keindahan panoramanya jangan ditanyakan lagi. Semua kesulitan dan perjuangan selama di perjalanan terbayar ketika sampai di lokasi ini. Dari atas tebing ini, Tim menyaksikan hamparan lautan yang membiru dan pasir putihnya. Hal yang paling di tunggu-tunggu di tebing ini yaitu menikmati pemandangan sunsetnya, dari atas tebing ini kita bisa melihat pemandangan detik detik matahari terbenam. (*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *