Satu dari 20 Danau Terindah di Dunia ada di Bali

Kawasan Bedugul memiliki aset keindahan alam yang istimewa. Tepatnya di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali ada beberapa danau. Satu di antaranya adalah Danau Bratan yang terletak di antara dua danau lainnya yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Danau ini merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar. Karena terbilang cukup istimewa, di tepian Danau Bratan inilah, Tim Trip Salam Indonesia mendirikan
tenda dan bermalam.

 

 

Di sisi timur danau ini terdapat sebuah gunung bernama Gunung Catur, orang Bali biasa menyebutnya Pucak Mangu. Lokasi ini menjadi tempat yang sangat bagus untuk hiking. Bagi yang suka main air, di kawasan danau Beratan juga terdapat permainan air seperti parasailing, kano, hingga jetski. Memang danau ini sangat cocok untuk penyuka wisata air.
Menuju Danau Bratan sangat mudah, di samping mudah dijangkau karena berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja, tidak jauh dari kawasan danau juga terdapat tempat wisata yang menarik lainnya, yakni kebun raya Eka Karya Bedugul, pasar buah dan sayur-sayuran Bedugul, danau Buyan dan danau Tamblingan.
Danau Bratan adalah danau terluas dan terbesar kedua setelah danau Batur di Bali. Luas Danau Bratan kira-kira 375.6 hektar dengan kedalaman antara 22-48 meter dengan luas keliling kurang lebih 12 km. Fungsi danau ini juga sangat penting sebagai sumber utama irigasi di daerah bagian tengah pulau Bali.

 

 

Hal menarik lainnya dari Danau Bratan adalah terdapat Pura Ulun Danu. Bagi umat Hindu, Pura ini merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Pura ini berfungsi untuk memuja kebesaran Tuhan untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia, dan untuk keseimbangan alam semesta. Pura Ulun Danu Beratan dibangun sekitar awal dari abad ke-17, letaknya ada di bagian ujung dari Danau Bratan.

 

 

Danau Bratan merupakan tujuan wisata terbaik yang biasa dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik, segarnya udara pegunungan dengan pemandangan danau, pura dan gunung yang indah, jauh dari kebisingan kota. Saat matahari tersebut, Pura Ulun Danu Bratan memiliki pemandangan yang sangat indah, terlebih dengan adanya kabut yang menyelimuti bagian dari gunung. Pantulan bayangan dari pura Ulun Danu pun terlihat sangat menakjubkan dari permukaan air danau Beratan. Tak heran jika Danau Bratan adalah salah satu dari 20 danau terbaik dan terindah di dunia.

 

 

 

(*)

One Reply to “Satu dari 20 Danau Terindah di Dunia ada di Bali”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *