Pantai Pulau Merah

Saat senja tiba, air laut dan tanah di pantai ini akan berubah warna menjadi merah. Warna kemerahan pada pantai tersebut terjadi karena bias warna matahari, karena itu pantai ini dikenal dengan nama Pantai Pulau Merah. Nama Pulau Merah juga merujuk pada sebuah bukit kecil setinggi 200 meter yang ada di seberang tepi pantai. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau yang tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa dikunjungi pada saat air sedang surut. Pantai Pulau Merah atau Pulo Merah ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Sebenarnya nama asli pantai ini adalah Pantai Ringin Pitu. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Pulau Merah.

Di pantai ini juga terdapat sebuah pura yang digunakan umat Hindu untuk bersembahyang. Pura bernama Tawang Alun ini juga sering dikunjungi dari warga Hindu dari seluruh Indonesia terutama warga Bali. Tidak ada kejadian atau peristiwa pasti mengenai asal-usul Pantai Pulau Merah ini. Salah satu ciri khas lain dari pantai ini adalah banyaknya pohon kelapa dan pohon pisang di belakang bibir pantai. Pohon kelapa yang melambai tertiup angin sepoi-sepoi menambah keanggunan tersendiri dari Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulo Merah berpasir putih terbentang sepanjang tiga kilometer. Ombak di kawasan Pulo Merah berkisar tiga hingga lima meter, dan cukup menantang dan menjadi salah satu tempat ideal untuk penggemar olahraga selancar. Ombak di Pulau Merah memang tidak setinggi G Land atau Pantai Plengkung. Jika Pantai Plengkung sudah banyak digunakan oleh kalangan profesional, Pulau Merah ini cocok digunakan oleh peselancar amatir, para pemula yang baru belajar berselancar.

Pantai Pulau Merah ini juga terkenal dengan kebersihannya. Pantai ini juga dijaga ketat oleh penjaga pantai yang selalu siap berada di pos jaga. Pemandangan dan ombak di kawasan wisata Pulau Merah merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. (*)

2 Replies to “Pantai Pulau Merah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *