Melayang-Layang dengan Yoga

Pada perkembangannya yoga memiliki berbagai bentuk, mulai dari gaya klasik misalnya Bikram yoga hingga yang paling kontemporer yakni Floating Yoga. Belakangan ini yoga banyak dilakukan sebagai olahraga karena ditemukan banyak manfaatnya untuk tubuh. Sebagai bentuk olahraga yang mirip dengan senam lantai, awalnya yoga hanya dilakukan untuk meditasi. Untuk mengontrol panca indera dan tubuh mereka secara keseluruhan, para yogi (pelaku yoga) berlatih memusatkan pikirannya.

Selain fitness dan aerobik, Dita juga suka berlatih yoga. Kegiatan Floating yoga adalah sebuah bentuk inovasi dari yoga, yakni dengan melakukan gerakan-gerakan secara mengambang dengan menggunakan hammock sebagai alat bantunya. Olahraga ini memiliki berbagai gerakan yang fleksibel dengan menggunakan tali serta kain yang diikatkan pada tubuh kita. Teknik ini merupakan kombinasi antara yoga dan pilates, ini merupakan langkah yang cukup efektif buat yang ingin menurunkan berat badan serta menjaga tubuh tetap langsing. Karena itu jenis yoga yang satu ini banyak digemari karena dipercaya membuat tubuh lebih segar dan tentunya lebih awet muda. Terutama bagi yang menderita sakit punggung ataupun sakit tulang belakang, latihan ini sangat direkomendasikan.

Dalam Floating Yoga posisi tubuh akan jauh dari lantai dan kita berada dalam keadaan melayang. Karena itu yoga yang satu ini terbilang paling fleksibel di antara latihan lainnya. Gerakan dalam floating yoga membuat otot-otot menjadi lebih rileks dan melatih tubuh agar lebih fleksibel. Pada olahraga ini, kita melakukan beragam jenis gerakan yang melawan arah gravitasi bumi. Posisi ini sangat baik untuk memperkuat otot bagian kaki, tangan, paha, dan perut. Dengan melakukannya kita dipaksa menahan tubuh dalam keadaan diikat, sehingga membuat otot semakin kencang.

Bagi yang baru memulai Floating Yoga pastinya terasa berat. Gerakan melawan gravitasi ini membuat kepala cepat pusing karena peredaran darah memang hanya berpusat di otak kita. Selama beraktivitas, darah kita hanya mengalir dari kepala menuju kaki, tanpa adanya timbal balik. Floating yoga membantu memperlancar aliran darah lewat beragam gerakan yang melawan gravitasi. Sirkulasi darah yang lancar bisa meningkatkan konsentrasi, energi, serta kinerja otak.

Tidak hanya bermanfaat melancarkan aliran darah, tetapi juga sistem pencernaan kita. Floating yoga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada perut, karena sembelit serta beragam jenis gangguan pencernaan lainnya.

Namun belakangan ini Dita sudah agak jarang latihan Floating Yoga. Karena jadwalnya malam, dan saat itu sering malas keluar rumah, dan lebih enak bermain dengan anak-anak. Tapi untuk kesehatan, Dita bisa membuat berat badannya ideal dengan diet, sedangkan berolahraga hanya untuk mengencangkan otot-otot. (*)

One Reply to “Melayang-Layang dengan Yoga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *