LEMBO ADE

Selamat datang di Dompu!

“Lembo ade”

Sampai di Dompu, kami bertemu beberapa orang, saat dalam keadaan terburu buru, saat akan berpamitan semua orang mengatakan Lembo Ade!

Lembo ade merupakan dua kata yang sangat halus merupakan bahasa perekat untuk semua sehingga dapat menjalani kehidupan bermasyarakat secara damai. Secara Terminologi : Lembo ade terdiri dari dua kata yaitu lembo dan ade. Lembo diartikan lapang, luas, tinggi, besar, sabar, tawaddu.

Lembo Ade ini sebenarnya hingga sekarang masih belum pasti memiliki arti apa, namun kalimat ini berjuta makna dan merupakan kalimat ampuh dalam bersosialisasi. Kamipun memakai kalimat ini untuk berbaur dengan masyarakat atau sekedar berbicara kepada tim lainnya.

Sebanding dengan Lembo Ade, hampir di setiap tempat kami bertemu orang orang baru dan orang orang yang sangat baik dan ramah.

Salah satunya di area Ndoro Canga atau kawasan savana Gunung Tambora. Tempat ini sangat mengesankan untuk kami.

Di area taman nasional Tambora, kita akan melihat padang rumput yang luas. Tempat yang sangat cocok untuk melepas hewan ternak. Gerombolan Kambing, Kuda, Sapi dan Kerbau menambah unik pemandangan taman nasional Tambora.

Dan uniknya, di sini tidak ada penggembala hewan hewan ternak itu. Mereka dibiarkan bebas di alam lepas. Dan karena itu hewan hewan ternak ini terlihat mandiri. Pagi hari rombongan ternak ini akan konvoi menuju pantai. Mencari air dan kubangan untuk berendam. Dan di malam hari mereka berkonvoi menuju gunung. Dan tidur di sana.

Bagi para pemburu foto landscape, kawasan tambora akan jadi surga. Selain pemandangan bagus, masyarakat juga bersahabat untuk jadi objek foto. Hewan hewan juga cukup variatif. Selain hewan ternak, kita juga bisa bertemu kawanan monyet, Kelelawar besar dan burung-burung.

Tim trip Salam Indonesia bisa bebas memilih lokasi camping, tidak ada yang mengganggu dan tidak ada pungutan liar, yang ada warga dan polisi hutan yang ramah yang memperbolehkan kami memakai beberapa fasilitas seperti kamar mandi bahkan seruan untuk menginap.

Warga disini juga sangat senang diajak bercengkrama.

Tim Trip Salam Indonesia camping di bawah langit dan bintang, suara hewan-hewan liar serta merasakan api unggun dan memasak bersama.

Kawasan Gunung Tambora juga sangat bersih, jarang sekali melihat sampah. Semoga tempat ini tetap terjaga keindahannya, terutama kebersihannya. Tidak ada tangan tangan jahil yang mengotorinya, karena keindahan seperti ini yang harus tetap kita jaga.

Tambora, sungguh sebuah tempat yang membuat kita seketik jatuh cinta. Jadi jika berniat datang ke tempat ini, siapkan cadangan waktu untuk extend.

Diperjalanan selanjutnya kami mampir sebentar mandi di mata air Oi HODO untuk melepas lelah.

Terimakasih Tambora, kamu memberikan kesan yang luar biasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *