Salam Indonesia #1

Trip Salam Indonesia 2018

Pada akhir tahun lalu, Endank Soekamti merilis album ke delapan yang bertajuk ‘Salam Indonesia’. Album tersebut direkam selama 30 hari di atas kapal phinisi dengan mengarungi lautan di Papua. Dengan semangat yang sama, sepanjang Mei-Juni 2018 nanti Erix Soekamti bakal menjalani trip Salam Indonesia. Namun perjalanan kali ini ia tidak sedang mengerjakan album musik bersama Endank Soekamti, tapi membuat ensiklopedia budaya dan pesona alam Indonesia dalam bentuk video, fotografi, dan teks. Tanpa ditemani Dory (gitar), Tony (drum) yang merupakan personel Endank Soekamti lainnya, pada trip kali ini Erix akan dibantu oleh tim kreatif yang terdiri dari videografer, fotografer, editor, penulis, dan programmer.

Trip Salam Indonesia akan dimulai sejak 10 Mei hingga 13 Juni 2018. Melalui perjalanan darat dan menyeberangi lautan, petualangan tersebut bakal dimulai dari Sumba dan berakhir di Yogyakarta. Tempat-tempat yang akan didatangi nantinya berdasarkan kontribusi dari masyarakat yang telah memberikan informasi lewat www.salamindonesia.id. Lewat situs tersebut, masyarakat bisa memberikan informasi tentang pesona alam, potensi wisata, dan budaya di daerah masing-masing. Dalam setiap perjalanannya nanti, Erix dkk juga akan melibatkan teman-teman di daerah setempat sebagai pemandunya. Menurut Erix, Akamsi (Anak Kampung Situ) bakal banyak lebih mengetahui lebih detil seluk beluk tempat tersebut.

Dari informasi tersebut kemudian akan dikurasi, dikunjungi dan eksplorasi oleh tim Salam Indonesia. Hasil eksplorasi tersebut bisa disaksikan setiap hari selama perjalanan lewat www.salamindonesia.id. Menurut Erix Soekamti hal ini dilakukan agar teman-teman bisa mengetahui apa saja kekayaan Indonesia yang ada di daerahnya. Karena jika sudah tahu, maka kita akan bisa mensyukuri, menikmati, dan menjaganya.

Tempat-tempat yang bakal didatangi adalah aset Indonesia yang mungkin belum diekspolrasi dengan baik. Erix meyakini bahwa masih banyak tempat-tempat dan informasi budaya yang banyak belum dikenal luas. Trip Salam Indonesia juga didukung oleh Toyota, Fuji Film, Telkom, Eiger, dan Starcross. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *