Kelelawar dan Taman Laut 17 Pulau Riung

Keindahan panorama, mulai dari hamparan pasir putih dengan air yang jernih, hingga terumbu karang yang berwarna-warni semua ada di Taman Laut 17 Pulau Riung. Belum lagi ragam flora dan fauna di gugusan pulau kecil-kecil ini yang memiliki pesona dan karakteristik masing-masing.

Lokasi taman laut 17 Pulau Riung berada di kecamatan Riung kabupaten Ngada atau sekitar 72 km ke arah utara pusat kota Bajawa, Flores, NTT. Karena jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat singgah, Tim Trip Salam Indonesia hanya berjalan kaki menuju bagian barat pantai yang memiliki sebuah dermaga. Di sana tampak pemandangan kapal nelayan Bajo yang terikat. Di Minggu pagi aktivitas di pantai tersebut sepi, tidak ada yang tampak orang berjualan. Sedangkan ramainya biasanya setiap malam Minggu.

 

Meskipun bernama Taman Laut 17 Pulau Riung, sebenarnya di sini ada 24 pulau-pulau kecil. Pemberian nama “tujuh belas” adalah sebagai pengingat Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. Nama pulau-pulau yang ada di sini adalah: Pulau Ontoloe, Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima, Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa, Pulau Tiga, Pulau Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire.

Tim Trip Salam Indonesia rencananya akan menyusuri 17 pulau tersebut. Namun karena ada beberapa kendala dan keterbatasan, tim hanya ke Pulau Rutong dan Pulau Kelelawar. Tim sempat mendaki ke atas bukit yang berada di daratan Pulau Rutong. Dari bukit yang ditumbuhi semak dan rumput ini terlihat pemandangan lanskap keseluruhan Pulau Rutong yang dikelilingi pasir putih yang sangat elok.

Kondisi perairan di sekitar Pulau Rutong sangat jernih. Kita bisa melihat ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni dari atas kapal. Air laut di sekitar Pulau Rutong berwarna hijau toska, sangat cocok dan menggoda untuk segera berenang atau snorkeling.

Tidak hanya panorama laut yang bisa dinikmati, di darat juga terdapat hutan untuk ditelusuri. Hutan tersebut dihuni oleh spesies rusa Timor,  dan biawak Mbou, jenis yang lebih kecil dari Komodo. Selain itu juga terdapat berbagai jenis spesies burung langka seperti; bangau putih, bangau hitam, burung beo, cuckoos, elang, bluwok, parkit, dan kelelawar.

Nama lain pulau Kelelawar yaitu pulau Ontoloe. Di sini merupakan habitat bagi ribuan kelelawar raksasa. Mereka banyak bergelantungan di pepohonan. Lantaran hanya dihuni kelelawar, pulau itu dinamakan Pulau Kelelawar. (*)

 

3 Replies to “Kelelawar dan Taman Laut 17 Pulau Riung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *