Bikin Cilok Sendiri

Jika teman-teman sudah mulai ketagihan yang namanya Cilok, tapi penjual cilok keliling sudah lama nggak ada yang lewat, ditambah kita lagi pengen santai di rumah dan malas keluar. Maka

Jangan ragu untuk bikin Cilokmu sendiri.

Cilok itu terbuat dari tepung aci (kanji) yang dicampur dengan air, lalu diaduk hingga jadi adonan yang lentur.  Adonan ini kemudian kita bikin bentuknya bulat-bulat seperti bakso. Lalu direbus atau dikukus. Jangan lupa siapkan tusuk sate, lalu disiram kuah kacang atau kuah kecap.

Dari sini kita juga bisa buat sendiri variasinya, mau Cilok, Cireng, atau Cimol. Kalau Cilok itu kan singkatan dari aci dicolok, Cireng itu aci digoreng, dan Cimol adalah aci digemol. Lha, kalau Ciblek? (hehehe.. bercanda.. bercanda…)

Bahan utama untuk membuat cilok, cireng, dan cimol adalah tepung aci, bumbu ketiganya pun nyaris sama. Untuk membuat adonan cilok, aci juga dicampur dengan tepung sagu dan terigu.
Kemudian masak air panas bersama bawang putih halus, penyedap, garam dan merica. Air panas ini dimasukan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diuleni hingga kalis.

Jika adonan kalis berarti sudah beremulsi dengan semua bahan. Kalau diuleni akan terasa licin dan untuk mengeceknya sangat mudah. Tandanya adalah saat diaduk, adonan sudah tidak lengket di tangan maupun di wadah atau alasnya.

Adonan tersebut lalu dibentuk bulat dan direbus dalam air mendidih sampai mengapung. Kalau penjual Cilok biasanya kan menjajakannya di gerobak, cilok tersebut dikukus dalam dandang terus-menerus hingga tetap hangat.
Selanjutnya kita bikin sendiri genre ciloknya, menurut referensi cilok di setiap daerah itu berbeda-beda cara penyajiannya. Kalau di Bandung, rasa gurih pada cilok karena adonannya dibuat bersama rebusan kaldu dan bawang putih yang dihaluskan, serta rempah-rempah lainnya. Belakangan ini juga banyak yang dikustom dengan berbagai isian, tinggal pilih, keju, sosis, ayam, dan lainnya. Ada juga cilok yang dibakar seperti sate.

Kalau kamu mau makan yang pedas-pedas, dan berkuah hangat. Coba genre Cilok Goang yang terkenal dari Tasikmalaya. Goang adalah nama sambal khas Sunda yang terbuat dari tumbukan cengek (Cabai rawit) dengan garam. Menurut pakar cilok, sejarah genre ini masih simpang siur. Samapi sekarang belum ada yang tahu persis kapan Cilok Goang ditemukan, dan siapa penemunya. Bisa juga ditambahkan berbagai jenis rempah-rempah. Mulai dari isi daging cincang, tahu, ceker ayam, dan kuah kaldu merah pedas.

Ayo, bikin sendiri cilokmu, dan pamerkan karya cilokmu di sini! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *