Belajar Musik Sejak Dini

Belajar musik secara intensif akan mempengaruhi kecerdasan dan kepribadian. Perlu diketahui bermusik itu tidak hanya bermain seperti akrobat atau ilmu ketangkasan lainnya. Musik itu menggerakkan otak kanan dan otak kiri. Bermain musik sangat berguna untuk kecerdasan anak.

Plato pernah mengatakan bahwa ilmu setelah agama adalah musik. Karena belajar musik itu mengajarkan sosialiasi bagi anak. Sebenarnya sangat aneh kalau ada orangtua yang melarang anaknya bermain musik. karena scara psikologis, musik mengajarkan anak untuk tampil dan melatih kepercayaan diri.

Selain dikenal sebagai gitaris Dharma For Music, Kenny Prehara adalah seorang pengajar musik. Menurtnya seorang anak bisa mulai bermain musik sejak usia sedini mungkin. Namun mereka memang agak sulit untuk main instrumen tertentu seperti, gitar dan drum. Ini karena kapasitas fisiknya, anak-anak usia dini cenderung diajarkan main piano. Kalau disuruh main drum kakinya belum sampai, untuk main gitar, siku dan tangan belum sampai.

Namun untuk usia lima tahun, anak-anak sudah bisa belajar drum dan gitar. Untuk belajar musik, secara teori sangat berhubungan dengan matematika. Agak sulit kalau belum bisa matematika. Karena dimulai dengan hitungan dan ketukan harga nada.

Pertama yang diajarkan adalah pengenalan instrumen. Anak-anak dikenalkan dengan anatomi gitar dan lainnya.  Kemudian belajar teknik dasar permainan, bagaimana cara stem gitar, dan mengenal tuts piano.

Kemudian anak-anak diajari untuk menguasai lagu. Mereka diarahkan untuj memainkan lagu- lagu sederhana. Ini juga menyesuaikan dengan kesukaan dan kemauan murid, tugas guru hanya mengarahkan sesuai kemampuan si murid. Jika anak les privat atau belajar di sekolah musik, otomatis anak tersebut akan menguasai pelajaran seni musik yang diajarkan di sekolahnya. Tanpa disadari, industri musik akan dipakai terus menerus. Kini karir di musik sangat terbuka. Kita tidak hanya jadi pemain musik, tapi masih banyak karir seperti, penulis buku, sound engineering, analis, dan kritikus musik.

Semua orang bisa main musik, jangan pernah ragu untuk bisa main musik. kesuksesan di musik bukan hanya karena bakat dan keberuntungan, tapi terjadi karena kerja keras. Bakat dan keberuntungan hanya beberapa persen. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *