Asiknya Vespa Dengan Sespan

Aku punya motor vespa spesial yang sedikit dimodif. Aku suka Vespa Spesial karena bodinya yang kecil dan imut. Motor ini aku tambahkan sespan yang membuat bebannya lebih nambah. Vespa spesial itu kan kecil sedangkan badanku lumayan besar, jadi mesin yang kecil kurang bisa menopang berat badanku. Untuk mempertahankan bodinya yang kecil dan imut, Vespa spesial ini aku padupadankan dengan mesin PX yang lebih besar supaya tetap bisa ngebut.

Motor ini aku modif di Tosan, bengkel yang terletak di Sleman ini memang sudah terkenal di kalangan penyuka vespa. Sespan adalah aksesori tambahan yang ditempelkan di bagian samping sepeda motor. Vespa menjadi salah satu motor yang kerap menggunakan sespan. Bentuk sespan sangat beragam, dan semua akan tergantung permintaan dari konsumen kepada buildernya.

Sespan merupakan gaya modif tersendiri di kancah pervespaan. Skuteris memang mempunyai gayanya masing-masing, mulai dari klasik, mods, vintage, hingga gaya yang nyeleneh. Sespan sendiri pertama kali terbentuk berawal dari sebuah sepeda kayuh. Menurut sejarahnya, waktu jaman perang dunia, motor masih belum terlalu banyak. Sepeda justru menjadi sarana paling penting kala itu, supaya menjadi media yang fungsional maka seseorang bernama M.Bertoux menciptakan sebuah inovasi baru pada sepedanya, yaitu “Sidecar” atau yang sering kita sebut “sespan”.

Selain berfungsi untuk mengangkut muatan, sespan juga berfungsi untuk menerima penumpang dan mengirim paket. Karena melihat adanya peluang, Vespa yang sudah ada semenjak jaman perang dahulu pun mendapatkan sebuah inspirasi. Vespa pun sempat menggunakan bahan bodi anti peluru sebagai alat tempur.

Di Indonesia, Sespan sering dijadikan ajang kontes, hal ini yang menjadi salah satu hal yang membuat skuteris kepincut untuk membuatnya. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan beberapa daerah lainnya sangat banyak festival yang mengadakan perkumpulan vespa sespan.

Dengan sespan ini aku ingin bisa mengantar anak-anakku dengan motor. Lucu juga kan nganter anak-anakku ke sekolah, mereka ada di samping kiriku. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *